Muhammad Yunus Dosen Filsafat STAI Bumi Silampari Bedah Buku “Filosofi Teras”

Halokantinews.com.Lubuklinggau – Kandidat Doktor Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) Muhammad Yunus yang juga merupakan dosen Filsafat di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bumi Silampari Lubuklinggau didaulat menjadi narasumber Bedah Buku Filosofi Teras yang dilaksanakan oleh Iqro’ Community bertempat di Aula STAI Bumi Silampari Lubuklinggau (Sabtu, 25/5/2024).

Muhammad Yunus, yang juga merupakan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama STAI Bumi Silampari Lubuklinggau mengatakan bahwa konteks buku “Filosofi Teras” ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulisnya (Kemendungan, kesedihan, depresi, dan lain lain).

“Pada alinea ke-9 di bagian pengantar, penulisnya menuliskan bahwa semasa pengobatan dengan psikiater, di sebuah tokoh buku dirinya menemukan buku berjudul How to be Stoic karya Massimo Pigluici” ujar Muhammad Yunus.

Setelah membaca Filsafat Stoic, Henry mengalami pencerahan dan merasa menemukan “terapi obat”. Efek Stoic begitu positif bagi Henry. Perasaan khawatir menurut Henry bukan hanya dialami dirinya melainkan juga terjadi pada orang lain. Hal ini mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut yang tertuang dalam karyanya “Filosofi Teras”.

Adapun isi buku “Filosofi Teras” terdiri dari 13 Bab.
Bab I Survey Khawatir Nasional, Bab II Sebuah Filosofi yang Realistis, Bab III Hidup Selaras dengan alam, Bab IV Dikotomi kendali, Bab V Mengendalikan Interpretasi & Persepsi, Bab VI Memperkuat Mental, Bab VII Hidup di Antara orang yang Menyebalkan, Bab VIII Menghadapi Kesusahan dan Musibah, Bab IX Menjadi Orang Tua, Bab X Citizen The World, Bab XI Tentang Kematian, Bab XII Penutup dan Bab ke
XIII Mempraktikkan Filosofi Teras, terangnya.

Diterangkannya, dalam Bab I Survey Khawatir Nasional berisi tentang hasil survey Henry menyatakan 63 % responden khawatir tentang hidupya. The Cost of Worryng; menghabiskan energy dan pikiran, menghabiskan waktu dan uang, mengganggu kesehatan tubuh.
Kesimpulan Bab ini adalah kondisi psikis berkaitan dengan kesehatan tubuh, ujarnya.

Baca Juga :  Dituduh Kelompok Radikal, Andi Leo Minta APH Mengusut Tuntas Pemilik Akun Halimah Klarisya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *