Haji Romlan Lestarikan Tradisi Arak-arakan Haji di Kayuagung

OKI, Religius182 Dilihat

Halokantinews.com.OKI -Setelah menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah pada Juni 2023 beberapa waktu lalu, Ramlan beserta istri dan masyarakat Kayuagung lainnya melakukan arak-arakan haji dengan berjalan kaki yang diiringi tabuhan rebana dan tari pagar oleh bapak-bapak yang tergabung dalam arak-arakan haji tersebut, Minggu (09/07/2023).

Arak-arakan para jema’ah haji yang baru pulang dari tanah suci ini berjalan keliling kampung sambil melantunkan shalawat kepada Rasulullah SAW.

Arak-arakan Haji di Kayuagung Kabupaten OKI merupakan tradisi masyarakat OKI dari sejak dahulu dan tetap bertahan hingga sekarang, kebiasaan setiap kepulangan jemaah haji asal Kayuagung OKI dari Tanah Suci Mekkah selalu diarak keliling Kota Kayuagung. Namun saat ini tradisi tersebut hampir punah ditengah arus globalisasi padahal sejatinya
tradisi ini merupakan salah satu cara untuk mensyiarkan Islam juga sekaligus untuk silaturahmi. Dengan harapan mampu menggugah warga masyarakat yang mampu tapi belum ada niat naik haji agar naik haji,

H.Zainudin mengatakan, Alhamdulillah masih diberikan kesempatan oleh ALLAH SWT untuk dapat berkumpul dengan keluarga dan ikut arak-arakan haji yang dilaksanakan oleh H.Romlan sekeluarga besar.

Baca Juga :  Penjabat Bupati OKI Minta Penjabat Sekda Komandoi OPD dan Akselerasi Kinerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *